I. Piranti Komputer
Piranti komputer terdiri dari piranti masukan (input device), dan piranti keluaran (output device). Untuk memilih piranti komputer tang bagus perlu diperhatikan panduan-panduan dalam memilih piranti komputer, seperti
Kondisi faktor lingkungan, keselamatan kerja, dan variasi dalam tugas dan hubungan tugas dengan pekerjaan lain harus diperhatikan saat memilih piranti dalam perancangan sistem informasi
Perlu diperhatikan karakteristik pengguna, karena pengguna dapat bervariasi dalam pengetahuan, keterampilan, kemampuan, pengalaman, kebudaan, dan gender
Perlu disesuaikan antar tenologi, pengguna, kerja yang diinginkan, dan lingkungan kerja
Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, training yang pernah dilakukan.
A. Piranti Masukan (Input Device)
Masukan berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam komputer dengan cara memberi perintah kepada komputer. Agara dapat berinteraksi dengan komputer secara efektif, pengguna harus dapat mengkomunikasikan keinginannyadengan cara yang dapat dimengerti komputer. Piranti masukan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaanya dengan aman, efektif, efisien, dan jika mungkin menyenangkan.
Dalam praktek tidak ada satu piranti masukkan yang dapat memenuhi semua kebutuhan, umunya diperlukan beberapa piranti masukan agar dapat saling melengkapi, misal keyboard dengan mouse. Secara umum piranti masukan harus lebih mudah digunakan dan bentuknya harus ergonomis dan mempunyai sistem umpan balik yang baik.
Piranti sesuai dengan jenis pekerjaannya, seperti masukan numerik, piranti yang cocok adalah tombol numerik. Msukan teks yang cocok dengan alphanumerik (keyboard), seleksi objek piranti yang cocok yaitu mouse, joystik, trackball, light pen. Pekerjaan manipulasi objek dengan piranti mouse, joystik, trackball, dan light pen. Tracking (alur) dengan menggunakan mouse dan light pen.
Adapun jenis-jenis piranti masukan adalah sebagai berikut :
1. Keyboard
Keyboard pertama kali digunakan pada tahun 1874 di USA. Keyboard disusun sedemikian rupa sehingga key yang seing ditekan terpisah letaknya, sehingga meminimalkan kemacetan pada saat mengetik. Pada umunya kita mengenal keyboard ini disebut dengan QWERTY, yaut susunan tombol kiri atas.
Salah satu piranti yang paling utama untuk berinteraksi dengan komputer dan piranti terbaik untuk masukan berbentuk teks. Adapun kelemahan keyboard ini lambat dalam melaksankan pekerjaan berupa pilihan, misalnya dari suatu menu, keyboard lebih lambat, kurang akurat, dan kurang disukai.
Tombol pada keyboard dibagi kedalam 4 bagian : tombol fungsi (function key), tombol alphanumerik (alphanumeric key), tombol kontrol (control key), dan tombol numerik (numeric key).
2. Audio
a. Microphone - speech recognition/mikropn, cara kerjanya yaitu merubah variasi tekanan udara karena ada suara, menjadi isyarat variasi listrik.
b. Automatic – speech recognition (ASR), sistem kerjanya dapat menerima masukan berupa kata-kata dalam kalimat. Sistem ini memiliki penganalisis, pengklasifikasi pola, dan pemprosesan bahasa
3. Pointing Device
Piranti ini digunakan untuk menunjukkan suatu titik atau jalurpada ruang dua dimensi, dan tiga dimensi, seperti halnya keyboard perlu meninjau karakyeristiknya dalam pemilihan perancangan. Piranti penunjuk ini meliputi joystick, trackball, mouse.
Piranti penunjuk merupakan piranti masukan kontinyu, meskipun mouse dapat dianggap sebagai piranti kontinyu dan diskret (dengan menekan tombol mouse).
4. Mouse
Sebuah mouse menggabungkan dua oprasi penting berbasis layar, yaitu kemmapuan menggerakan kursor, dan kemampuan memilih suatu objek pada layar. Mouse pada umumnya memiliki satu sampai tiga tombol pada bagan atas untuk memilih bagian objek.
5. Joystick
Gerakan kursor pada joystick dikenda;ikan oleh sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas. Sifat joystick:
a. Membutuhkan temapat yang sedikit
b. Tidak mengganggu layar
c. Harganya murah sehingga banyak digunakan pada permainan komputer (game)
6. Trackball
Trackball dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakan bola munuk memindahkan kursor.
Sifat trackball, yaitu mudah dipelajari, membutuhkan sedikit ruangan (seperti joystick), salah satu penuding yang terefisin (dalam hal ketepatan dan kecepatan)
7. Light Pen
Merupakan pena yang membangkitkan informasi ketika ditudingkan pada layar. Ketika light pen ditudingkan pada tampilan CRT, sebuah lensa memfokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detektor cahaya atau photocell
Permasalahan pada light pen, yaitu pena dapat mengganggu layar, gampang rusak atau patah, melelahkan tangan.
8. Touch Screen
Digolongkan dalam mpanel sensitif sentuhan, keuntungan touchscreen yaitu :
a. Cepat dan tidak membutuhkan pointer khusus
b. Baik untuk pemilihan menu
c. Membutuhkan sedikit atau tanpa tambahan ruang kerja
Kerugian nya adalah ;
a. Jari-jari dapat mengotori layar
b. Jari tangan bukan alat penuding yang presisi, terutama untuk menuding bagian-bagian daerah yang kecil
9. Scanner
Scanner merupakan peranti yang dapat mengambil masukan data gambar, foto, bahkan juga tulisan tangan. Hasilnya kemudian diubah menjadi isyarat digital dan dapat disimpan di dalam disk.
10. Alternative Input Device
Alternativ input device terdiri dari digital camera, digital video, webcam, dan video confrencing.
B. Piranti Keluaran (output Device)
Piranti keluaran adalah alat yang memungkinkan para pemakai untuk melihat atau mendengar komputer itu dalam memproses data
Keluaran gambar, terdiri dari Teks grapik dan video. Piranti keluaran bunyi serasi keluaran audio, musik dan manyatukan suara.
1. Visual Displays System
Visual displays system terdiri atas dua bagian yaitu orang yang mengadaptasikan video yang bertanggung jawab untuk mutu video, dan monitor, yaitu memajang keluaran, orang yang mengadaptasikan video.
2. Monitor
Monitor merupakan piranti keluaran, jenis monitor yaitu
a. cathode ray-tube (CRT) merupakan monitor yang berukuran besar dengan menggunakan tabung
b. liqiud crystal display (LCD or flat-panel), merupakan monitor dengan layar tipis biasa digunakan pada layar laptop, notebook, handpone
3. Printer
Printer merupak pirannti keluaran untuk menghasilkan suatu berbentuk teks/gambar. Ada dua printer yang biasa digunakan, yaitu impact printer terdiri dari printer impact,dan dot-matrix sedangkan non-impact printer, terdiri dari printer injeckt dan printer laser
4. Plooter
Plooter sejenis dengan printer, tetapi keluaran yang dihasilkan lebih besar ukurannya, seperti mencetak baligo, spanduk, dll.
5. Audio output
Audio output ini ada;ah jenis keluaran yang menghasilkan suara, komponen audio output yaitu sound card dan speakers. Biasanya format yang digunakan berupa WAV, MPEG, MP3 dan MIDI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar