Selasa, 07 Juni 2011

rangkuman ke-5 PTI

1. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat Luanak merupakan program yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan prosesvpengolahan data. Perangkat lunak adalah mesin yang memproses data menjadi informasi, meningkatkan hasil kerja dan memecahkan masalah, jadi perangkat lunak merupakan salah satu unsur komputer yang berperan penting dalam memproses dat arau memecahkan masalah.
Sebuah mesin tidak dapat melaksanakan tugas apabila tidak didukung oleh perangkat lunak. Program merupakan deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai dengan yang dikehendaki, program dibuat oleh vendor perangkat lunak.
a. Software fundamentals
Basis dasar terminologi, yaitu
1) Computer program, urutan instruksi untuk komputer
2) Stored program concept, program yang memberikan instruksi suara yang dapat disimpan dan dibaung oleh CPU
3) Programming, proses menulis atau suatu program persandian
4) Programmers, orang yang memprogram.

b. Computer Software
Computer Software, terdiri dari:
1) Software (perangkat lunak sistem)
Perangkat Lunak Sistem terdiri dari 4 yaitu :
a) Sistem Operasi (Operating System).
Adalah sebuah penghubung antara user komputer dengan hardware komputer yang terdiri atas kumpulan program yang dibuat oleh vendor dengan memperhatikan cara kerja hardware. OS berdasar pada American National Standars Institute (ANSI), software yang mengontrol program-program komputer yaitu dengan mengatur waktu proses pengecekkan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan kompilasi, penyimpanan, pengolahan data sertabentuk lyanan yang terkait. Tujuan OS adalah menyiapkan dan menyediakan kondisi agar pengguna dapat menjalankan program, dan untuk menjalankan hardware secara efisien.
Fungsi utama OS yaitu :
(1) Manajemen proses, mencangkup persiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer
(2) Manajemen sumber daya, berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh software sistem atau software aplikasi yang dijalankan
(3) Manajemen data, berupa pengendalian terhadap dat input/output termasuk dalam hal pengalokasian piranti penyimpanan sekunder maupun memori utama.
Salah satu ontoh OS adalah LINUX, yang merupakan turunan dari UNIX. LINUX adalah operasi berbasis GPL (General Public Licence) yang berarti dapat dikopi secara bebas tanpa harus membayara pada pemegang lisensi, dengan catatan source code harus selalu disertakan saat penyebarannya. LINUX diciptakan oleh Linus Trovalds oleh mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki pada tahun 1991 di Finlandia, pada awalnya LINUX masih sangat sederhana dan memiliki kekuatan seperti UNIX, tetapi dengan bantuan pada hacker, linus terus mengembangkan LINUX dan akhirnya mempunyai kekuatan yag sejajar dengan sistem operasi yang komersial lainnya.
b) Utilitas (Utilities Program)
Utilitas terdiri dari
(1) Uninstaller, untuk menghapus program yang ada di local disk C:
(2) Disk Scanner, mendeteksi dan mengkoreksi masalah pada hard disk atau floppy disk dan mencari atau menghapus file-file yang digunakan
(3) Disk Defragment, mengatur ulang file-file dan space yang tidak digunakan pada hard disk sehingga program dapat berjalan secara cepat.
(4) Diagnostic Utility, melakukan penyusunan informasi secara teknik tentang hardware dan beberap software. Mempersiapkan laporan masalh secara terurai
(5) Backup Utlity, melakukan duplikasi file-file yang dipilih seluruh hard disk ke disk atau ke tape.
(6) Screen Saver, layar monitir menampilkan layar bergerak atau layar kosong apabila tidak ada aktifitas untuk beberapa waktu.
c) Device Driver, adalah program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral. Perangkat lunak ini biasanya disediakan oleh vendor yang memproduksi hardware.
d) Bahasa Pemograman, adalah program yang dibuat untuk program komputer, teridiri dari :
(1) Bahasa tingkat rendah
(2) Bahasa tingkat tinggi
(3) Bahasa generasi keempat

2) Aplicatios Software (perangkat lunak aplikasi)
Jenis jenis perangkat luanak :
a) Software komersial, bertujuan untuk dijual dan ada hak cipta
b) Software domain public, sifatnya gratis dan ada resource code
c) Shareware, digunakan untuk evaluasi dan tanpa source code ada hak cipta dan ada yang tidak ada.
d) Rentalware, disewakan dan ada hak cipta
e) Free Software, dilengkapi dengan source code dan bersifat gratis/membayar dengan sangat murah
f) Freeware, bersifat gratis dan tanpa source code bertujuan untuk menarik peminat untuk membeli versi berikutnya
g) Open Source, hampir sama dengan free software hanya beda dalam hal filosofi dan terdapat hak-hak untuk pemakai antara lain:
(1) Hak untuk membuat salinan program dan mendistribusikan salinan tersebut
(2) Hak untuk mengakses resource code sebagai syarat untuk dapat melakukan pemodifikasian
(3) Hak untuk pengembangan program

Tidak ada komentar:

Posting Komentar