Minggu, 24 Juli 2011

Rangkuman PTI ke-11

MULTIMEDIA

        Istilah multimedia berawal dari teater bukan dari istilah komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia. Pertunjukan multimedia mencangkup monitor video, shynthesized band, dan karya seni sebagai bagian dari pertunjukan.
        Multimedia dibagi menjadi dua kata yaitu :
-  Multi, artinya banyak,
- Media artinya sarana berkomunikasi untuk melewatkan informasi atau sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.



        Jadi, multimedia adalah Suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat – alat lain seperti televisi, monitor video dan sistem piringan optik atau sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkan penyajian audio visual yang utuh.


         Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :
1. Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc Cormick,1996)
2. Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data,media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002)
3. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
4. Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001).


           Ada beberapa peranan multimedia, dimana multimedia dapat digunakan dalam bidang pendidikan untuk menyampaikan bahan pengajaran secara interaktif dan mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek seperti suara, teks, gambar, video. Selain itu dalam bidang jaringan dan internet membantu untuk membuat website yang menarik interaktif dan informatif.
Dengan adanya multimedia ini, dapat mengubah cara belajar, dengan adanya komputer, multimedia dan belajar online. Dapat mengubah empat kerja menjadi teleworking ataupun telecommuting. Mengubah sistem jual beli dengan onlin dan internet Banking, adanya koran online, dan internet multimedia siap bersaing dengan televisi dan radio.
Adapun syarat-syarat multimedia adalah
1. Kombinasi media
2. Indipendence
3. Computer supported integration
           Sistem multimedia, dimana adanya multimedia PC yang merupakan standar system komputer yang menyediakan fasilitas media, seperti CD-Room/DVD-Room, soundcard, multimedia player (music and video), RAM dan harddisk, graphics adapater, dan speaker.


Pembagian sistem multimedian, yaitu :
1. Sistem multimedia stand alone, yang merupakan sistem komputer multimedia yang yang memiliki minimals storage, alat input, dan alat output.
2. Sistem multimedia berbasis jaringan, dimana sistem haru terhubung dengan jaringan dan harus memiliki bandwidth besar.


Multimedia dalam Pembelajaran
         kondisi pendidikan Indonesia berdasarkan penelitian program PBB (UNDP) tahun 2000, menunjukan k ualitas SDM Indonesia berada diposisi 109 dari 174 Negara, jauh dibandingkan dengan malaysia pada posisi 61, singapura posisi 24. Faktor penyebab hal tersebut, yaitu :
1. Guru, siswa, sarana dan prasarana, kurikulum, dan komitmen bersama
2. Siswa kurang motivasi belajar, karena guru kurang interaktif dalam pembelajarannya. Pembelajaran yang interaktif dapat diterapkan oleh guru dengan bantuan media pembelajaran.
        Pengertian media pembelajaran, adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran. Adapun kontribusi media dalam pembelajaran adalah pembelajaran dapat lebih menarik, kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan, peran guru berubah kearah positif.trend pemanfaatan media, yaitu integrasi, konfergensi, interaktif.
           Model pembelajaran yang interaktif adalah suatu model pembelajaran yang dapat menyalurkan pesan, merangsang pikiran,perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk mendorong proses belajar. Manfaatnya adalah meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan hasil belajar, mengembangkan potens guru.
Adapun manfaat untuk guru, dimana guru dapt mengadopsi, mengembangkan, membuat sendiri, dan dapat menerapkan di kelas. Model pembelajarannya seperti model drill. Model tutorial, model simulasi, model eksperimen, dan model games.
          Hambatan pembelajaran interkaktif, yaitu butuh eralatan yang memadai, butuh keahlian khusus, dan sumber listrik yang cukup besar.

COntoh Media Pembelajaran dalam pelajaran IPA (FISIKA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar