Minggu, 17 Juli 2011

Rangkuman PTI ke-9

MENGENAL DAN MENCOBA DELPHI

      Borland Delphi merupakan program aplikasi visual dan database yang berbasis Object Pascal dari Borland. Delphi mempunyai kemampuan untuk membangun aplikasi yang multi-threaded dan mendukung pembuatan, pemakaian, serta pengontrolan thread.


       Gambar disamping merupakan IDE pada Delphi sebagai interface dalam Delphi mempunyai tujuh bagian utama seperti yang terlihat pada gambar diatas, yaitu menu bars, tool bars, form designer, component palette, object inspector, code editor, dan object treeview. Tetapi sebenarnya masih adalagi bagian-bagian IDE yang lain yang tidak terlihat pada tampilan awal ini, seperti data module dan yang lainnya.



1. Menu Bar
Pada dasarnya menu yang ada di dalam Delphi mempunyai fungsi sebagaimana menu yang ada pada aplikasi windows yang lainnya. Secara detail menu tersebut adalah menu File, Edit, Search, View, Project, Run, Component, Database, Tools, Window, dan Help, yang masing- masing menu ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

2. Form Desaigner

     Form desaigner digunakan oleh pemrogram untuk mendesain tampilan atau interface dari programnya. Dimana Anda akan meletakan komponen- komponen dari Component Palette, yang akan digunakan dalam program Anda.

3.Code Editor

Melalui window ini Anda akan menuliskan kode-kode dari program Anda. Bahasa yang digunakan adalah bahasa objek pascal. Jika Anda telah mempelajari pemrograman yang menggunakan bahasa pemrograman pascal maka Anda tidak akan asing lagi dengan kode-kode yang ada disini. Yang perlu Anda ketahui dalam window ini Anda tidak perlu
menuliskan semua kode sumber karena Delphi akan menuliskan kerangkanya untuk Anda, jadi Anda akan menuliskan bagian-bagian terpenting saja dari program Anda.

4. Tool Bars

       Toolbars adalah kumpulan tombol-tombol sebagai pengganti beberapa command yang ada pada menu. Dengan adanya toolbars ini maka Anda dapat menjalankan suatu command dengan cepat tanpa harus melaluli pemilihan menu.

5. Object Inspector

        Pada bagian ini ada dua halaman tab yang dapat Anda lihat, tab yang pertama adalah tab properties dan yang kedua adalah tab event. Dengan tab properties Anda dapat merubah suatu karakteristik dari suatu komponen, misalnya nama komponen, warna, caption dan lainya. Sedangkan tab event digunakan untuk menyisipkan kode untuk menangani pada kejadian tertentu misalnya onclick, onclose dan lainnya.

6. Object Treeview

     Object treeview merupakan suatu bagian yang berisi komponan-komponan yang Anda gunakan dalam membuat program. Semua daftar komponen yang telah Anda buat akan ada didalamnya. Dalam objek treeview ini daftar komponen disajikan dalam suatu diagram yang sesuai dengan diagram pohon. Dalam pemilihan objek yang telah Anda masukan kedalam program, Anda dapat memilihnya melalui fasilitas ini.



7. Component Palette

       Komponen pallete berisi daftar komponen-komponen yang disediakan oleh Delphi. komponen-komponen ini disajikan dalam halam-halaman tab yang dikelompokan berdasarkan jenis-jenisnya. Setiap komponen tentu saja memiliki fungsi masing-masing dan mempunyai karakterisitik yang berbeda-beda.


MENCOBA DELPHI
MENAMPILKAN KOTAK PESAN

1.   Jalankan Delphi
2.   Setelah masuk ke Delphi, anda akan melihat sebuah form kosong yang berjudul
      FORM1. Jika tidak ada,  pilih menu File|New Application.
3.   tambahkan komponen button pada form dan ubah propery caption menjadi Pesan


4. Double klik komponen tersebut sehingga anda masuk pada kode editor. 
    Dan masukan kode program berikut: Showmessage(‘Ini Contoh Pesan!!!’);
    Terlihat secara lengkap seperti gambar berikut:


5. Jalankan program. Jika sudah berjalan cobalah dengan melakukan
klik pada tombol pesan. Aplikasi akan menampilkan pesan seperti gambar berikut:



gAMpang Kan..kAN ???? hehe...
NAh.....sekarang anda seorang pROgremer !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar