Sabtu, 02 Juli 2011

JAWABAN UJIAN TENGAN SEMESTER (UTS) PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

NAMA : YUDA GUMELAR
NIM : 10866031
KELAS : B

A. Apa yang dimaksud dengan

1. Teknologi Informasi
Teknologi informasi, adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplisikasian pengetahuan seintifik ke praktis. Selanjutnya berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam kegiatan yang terjadi di teknologi informasi adalah record, store, proces, retrieve, trasmit, dan receive.
Adapun definisi dari teknologi informasi menurut beberapa ahli adalah seperangkat alat yang dapat membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukantugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag dan Keen, 1996). Selanjutnya teknologi informasi tidak hanya sebatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999), selain itu teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi brkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (Williams dan Sawyer, 2003). Dari paragraf di atas, dapat ditarik suatu pengertian bahwa teknologi informasi itu merupakan gabungan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi.


2. Pengertian Komputer
Komputer diambil dari bahasa latin “computare“ yang berarti menghitung (to compute), Komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima input data dan mengolahnya menjadi suatu informasi, dengan menggunakan suatu program yang tersimpan di memorinya, serta dapat menyimpan program dan hasil pengolahannya, dimana bekerja secara otomatis.
Menurut Donald H, Sanders, komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat secara dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimapan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah intruksi-intruksi program yang disimpan di memori (stored program. Sedangkan menurut Larry Long dan Nancy Long, Komputer adalah sebuah elektronik yang dapat menterjemahkan (interpret) mengeksekusi perintah yang terprogram sebagai input, output, perhitungan dan operasi logika, secara teknikal sangat komplek tetapi termasuk konsep cukup sederhana.
Komputer supaya dapat mengolah data digunakan untuk mengolah data maka harus berbentuk sistem. Sistem adalah kumpulam elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan tujan, dimana tujuan pokok dari sistem adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Elemen-elemen sistem komputer terdiri dari :
a. Perangkat keras (hardware) adalah peralatan di sistem komputer yang bisa terlihat dan dijamah
b. Perangkat lunak (software) adalah program yang berisi perintah-perintah untuk mengolah data
c. Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoprasikan serta mengatur sistem informasi.


3. Piranti Masukan dan Piranti Keluaran
Piranti komputer terdiri dari piranti masukan (input device), dan piranti keluaran (output device). Untuk memilih piranti komputer tang bagus perlu diperhatikan panduan-panduan dalam memilih piranti komputer, seperti Kondisi faktor lingkungan, keselamatan kerja, dan variasi dalam tugas dan hubungan tugas dengan pekerjaan lain harus diperhatikan saat memilih piranti dalam perancangan sistem informasi
Perlu diperhatikan karakteristik pengguna, karena pengguna dapat bervariasi dalam pengetahuan, keterampilan, kemampuan, pengalaman, kebudaan, dan gender. Perlu disesuaikan antar tenologi, pengguna, kerja yang diinginkan, dan lingkungan kerja Cocok dengan karakteristik pengguna, keahlian, training yang pernah dilakukan.
Piranti Masukan berhubungan dengan proses perekaman dan pemasukan data ke dalam komputer dengan cara memberi perintah kepada komputer. Agara dapat berinteraksi dengan komputer secara efektif, pengguna harus dapat mengkomunikasikan keinginannyadengan cara yang dapat dimengerti komputer. Piranti masukan membantu pengguna untuk menyelesaikan pekerjaanya dengan aman, efektif, efisien, dan jika mungkin menyenangkan.
Dalam praktek tidak ada satu piranti masukkan yang dapat memenuhi semua kebutuhan, umunya diperlukan beberapa piranti masukan agar dapat saling melengkapi, misal keyboard dengan mouse. Secara umum piranti masukan harus lebih mudah digunakan dan bentuknya harus ergonomis dan mempunyai sistem umpan balik yang baik.
Piranti sesuai dengan jenis pekerjaannya, seperti masukan numerik, piranti yang cocok adalah tombol numerik. Msukan teks yang cocok dengan alphanumerik (keyboard), seleksi objek piranti yang cocok yaitu mouse, joystik, trackball, light pen. Pekerjaan manipulasi objek dengan piranti mouse, joystik, trackball, dan light pen. Tracking (alur) dengan menggunakan mouse dan light pen.
Piranti keluaran adalah alat yang memungkinkan para pemakai untuk melihat atau mendengar komputer itu dalam memproses data, Keluaran gambar, terdiri dari Teks grapik dan video. Piranti keluaran bunyi serasi keluaran audio, musik dan manyatukan suara. Contohnya seperti visual displays, monitor.


4. Perangkat Lunak
Perangkat Lunak merupakan program yang berisi instruksi atau perintah untuk melakukan prosesvpengolahan data. Perangkat lunak adalah mesin yang memproses data menjadi informasi, meningkatkan hasil kerja dan memecahkan masalah, jadi perangkat lunak merupakan salah satu unsur komputer yang berperan penting dalam memproses dat arau memecahkan masalah.
Sebuah mesin tidak dapat melaksanakan tugas apabila tidak didukung oleh perangkat lunak. Program merupakan deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai dengan yang dikehendaki, program dibuat oleh vendor perangkat lunak.
a. Software fundamentals
Basis dasar terminologi, yaitu
1) Computer program, urutan instruksi untuk komputer
2) Stored program concept, program yang memberikan instruksi suara yang dapat disimpan dan dibaung oleh CPU
3) Programming, proses menulis atau suatu program persandian
4) Programmers, orang yang memprogram.

b. Computer Software
Computer Software, terdiri dari:
1) Software (perangkat lunak sistem)
Perangkat Lunak Sistem terdiri dari 4 yaitu :
a) Sistem Operasi (Operating System).
Adalah sebuah penghubung antara user komputer dengan hardware komputer yang terdiri atas kumpulan program yang dibuat oleh vendor dengan memperhatikan cara kerja hardware. OS berdasar pada American National Standars Institute (ANSI), software yang mengontrol program-program komputer yaitu dengan mengatur waktu proses pengecekkan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan kompilasi, penyimpanan, pengolahan data sertabentuk lyanan yang terkait. Tujuan OS adalah menyiapkan dan menyediakan kondisi agar pengguna dapat menjalankan program, dan untuk menjalankan hardware secara efisien.
Fungsi utama OS yaitu :
(1) Manajemen proses, mencangkup persiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer
(2) Manajemen sumber daya, berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh software sistem atau software aplikasi yang dijalankan
(3) Manajemen data, berupa pengendalian terhadap dat input/output termasuk dalam hal pengalokasian piranti penyimpanan sekunder maupun memori utama.
Salah satu ontoh OS adalah LINUX, yang merupakan turunan dari UNIX. LINUX adalah operasi berbasis GPL (General Public Licence) yang berarti dapat dikopi secara bebas tanpa harus membayara pada pemegang lisensi, dengan catatan source code harus selalu disertakan saat penyebarannya. LINUX diciptakan oleh Linus Trovalds oleh mahasiswa ilmu komputer di Universitas Helsinki pada tahun 1991 di Finlandia, pada awalnya LINUX masih sangat sederhana dan memiliki kekuatan seperti UNIX, tetapi dengan bantuan pada hacker, linus terus mengembangkan LINUX dan akhirnya mempunyai kekuatan yag sejajar dengan sistem operasi yang komersial lainnya.
b) Utilitas (Utilities Program)
Utilitas terdiri dari
(1) Uninstaller, untuk menghapus program yang ada di local disk C:
(2) Disk Scanner, mendeteksi dan mengkoreksi masalah pada hard disk atau floppy disk dan mencari atau menghapus file-file yang digunakan
(3) Disk Defragment, mengatur ulang file-file dan space yang tidak digunakan pada hard disk sehingga program dapat berjalan secara cepat.
(4) Diagnostic Utility, melakukan penyusunan informasi secara teknik tentang hardware dan beberap software. Mempersiapkan laporan masalh secara terurai
(5) Backup Utlity, melakukan duplikasi file-file yang dipilih seluruh hard disk ke disk atau ke tape.
(6) Screen Saver, layar monitir menampilkan layar bergerak atau layar kosong apabila tidak ada aktifitas untuk beberapa waktu.
c) Device Driver, adalah program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan peranti-peranti peripheral. Perangkat lunak ini biasanya disediakan oleh vendor yang memproduksi hardware.
d) Bahasa Pemograman, adalah program yang dibuat untuk program komputer, teridiri dari :
(1) Bahasa tingkat rendah
(2) Bahasa tingkat tinggi
(3) Bahasa generasi keempat
2) Aplicatios Software (perangkat lunak aplikasi)
Jenis jenis perangkat luanak :
a) Software komersial, bertujuan untuk dijual dan ada hak cipta
b) Software domain public, sifatnya gratis dan ada resource code
c) Shareware, digunakan untuk evaluasi dan tanpa source code ada hak cipta dan ada yang tidak ada.
d) Rentalware, disewakan dan ada hak cipta
e) Free Software, dilengkapi dengan source code dan bersifat gratis/membayar dengan sangat murah
f) Freeware, bersifat gratis dan tanpa source code bertujuan untuk menarik peminat untuk membeli versi berikutnya
g) Open Source, hampir sama dengan free software hanya beda dalam hal filosofi dan terdapat hak-hak untuk pemakai antara lain:
(1) Hak untuk membuat salinan program dan mendistribusikan salinan tersebut
(2) Hak untuk mengakses resource code sebagai syarat untuk dapat melakukan pemodifikasian
(3) Hak untuk pengembangan program



5. Program Aplikasi
Program yang digunakan khusus untuk tujuan tertentu, atau program yang biasa digunkan oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas secara spesifik. Karakteristik software PC, yaitu user-friendly, easy, intuive, minimum training and documentation, needed to use.
Software type packaget or commercial, yaitu sold in stores, catalogs, or downloaded frow the WWW, purchased from software publhisers, muse be installed
Untuk pembagian program aplikasi yaitu :
a. Word Processing (pengolahan angka), merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan kata contohnya adalah Microsoft Word dan open office writer.
b. Spreadsheet, merupakan aplikasi yang berorientasi pada pengolahan angka, contohnya microsoft excel, open office calc
c. Persentasi, merupakan orientasi pada pembuatan persentasi, contohnya microsoft powerpoin dan macromedia flash
d. Database nerupakan aplkasi yang berorientasi pada pengolahan data contoh microsoft access, dBase III, foxpro, open office base.
e. Disain Grafis, merupakan aplikas yang berorientasi pada pengolahan gambar, contohnya adobe photoshop, corel draw, microsoft picture manage, open office draw, paint.
f. CAD (computer aid design) merupakan aplikasi yang beroirentasi pada rancangan bangunan atau mesin contohnya autoCAD, 3Dmax
g. Multimedia Design, merupakan aplikasi yang digunakan untuk merubah data mnjadi hiburan contohnya winamp, media player, real player, cyberlink power DVD.
h. Internet Browser, merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi lewat internet contoh mozila firefox, internet explorer, opera, google chirome.
Program bantu OS (Utility System), adalah program yang digunakan untuk membantu meningkatkan kinerja sistem operasi. Contohnya adalah : program bantu untuk mengelola gambar seperti format factory, program bantu format pdf, seperti dopdf7, program bantu untuk mengompres file seperti winrar, program bantu untuk mengompres file seperti winar. Program bantu untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, seperti tuneup utilities, program bantu untuk menjaga keamana komputer seperti anti virus.




B. Peranan Teknologi Informasi dalam Ilmu Psikologi
Pada zaman yang serba canggih dan modern seperti sekarang ini, penggunaan teknologi tidak lagi asing di telinga kita. Hampir semua bidang pekerjaan dan ilmu menggunakan teknologi sebagai media komunikasi ataupun media pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam berbagai bidang pekerjaan dan ilmu ini pun pasti diputuskan dengan berbagai macam pertimbangan. Salah satunya adalah nilai positif yang bisa didapatkan dari penggunaan teknologi tersebut.
Saat ini, proses pembelajaran di kelas-kelas pun banyak mengalami modernisasi. Digunakannya internet, email, dan software-software pembelajaran membantu siswa dalam belajar dan mencari informasi yang bersangkutan dengan mata pelajaran di sekolah. Dalam dunia pekerjaan, software-software banyak digunakan oleh masing-masing departemen untuk membantu memproses data. Dalam akuntasi dan ekonomi, SPSS (Statictical Package for the Social Sciences) sangat membantu para karyawan. Pada Psikologi pun teknologi membawa keuntungan yang cukup banyak. Seperti misalnya penggunaan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) sangat membantu dalam penelitian dan pemrosesan data penelitian. Kemudian pada departemen Human Resource Development juga banyak menggunakan alat-alat test yg sudah disusun dalam bentuk komputerisasi, sehingga memudahkan testee dan juga petugas skoring untuk menskor hasil-hasil test. Para petugas tidak lagi harus bergelut dengan sistem skoring tulis tangan yang cukup melelahkan dan memakan waktu serta sumber daya manusia yang cukup banyak pula.
Selain itu, kemajuan teknologi juga membantu kemajuan meluasnya perkembangan ilmu Psikologi. Saat ini banyak terdapat situs-situs yang berbentuk majalah online yang membahas mengenai isu-isu psikologis terkini. Baik pelajar, pengajar, maupun masyarakat awan bisa mengakses informasi dan menerima informasi dari situs-situs seperti ini. Hal ini tentunya sangat membantu perkembangan ilmu psikologi dan masyarakat umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar